Artikel

Wago Terminal Block – Keunggulan dan Tips Penggunaannya

Apa fungsi dan keunggulan dari WAGO terminal block? Artikel kali ini akan menjelaskannya secara mendetail kepada anda.

Dalam instalasi listrik, terminal block adalah salah satu komponen yang memainkan peran sangat penting. Komponen listrik ini memiliki fungsi sebagai penghubung atau penyambung jika anda ingin memanjangkan suatu kabel listrik.

Terminal block memainkan peran sebagai tempat berhentinya arus listrik, sebelumnya dialirkan ke perpanjangan kabel (outgoing kabel). Keberadaan terminal block ini membuat instalasi listrik menjadi aman dari resiko korsleting.

Salah satu brand atau produk terminal block yang terbilang cukup sering digunakan oleh para teknisi dan engineer kelistrikan adalah WAGO terminal block.

Pada artikel kali ini, kami akan mengajak anda untuk mengenal produk terminal block yang satu ini. Langsung saja, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Wago Terminal Block?

Wago Terminal Block adalah salah satu produk terminal block yang dirilis oleh perusahaan WAGO, perusahaan manufaktur asal Jerman yang telah berdiri sejak tahun 1951. Memiliki basis bisnis pertama di Minden, Jerman, saat ini WAGO telah memiliki banyak cabang yang tersebar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

WAGO sendiri aktif memproduksi banyak produk komponen listrik seperti terminal blocks, pluggable connector, power supplies dan masih banyak lagi.

Keunggulan Wago Terminal Block

WAGO bukanlah satu-satunya perusahaan manufaktur yang memproduksi komponen listrik, terdapat cukup banyak perusahaan besar yang memproduksi produk serupa. Namun dibandingkan dengan produk lainnya, terminal block WAGO menawarkan keunggulannya tersendiri. Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Teknologi Push Wire

Salah satu keunggulan dari terminal block yang diproduksi oleh WAGO terdapat pada sistem penyambung kabelnya. Terminal dan konektor WAGO telah menggunakan teknologi penyambung inovatif yang disebut Push Wire. 

Teknologi membuat kabel yang akan dipanjangkan (disambungkan) dapat dikunci dengan baik, sehingga tidak akan mudah lepas (goyang). Teknologi ini juga sekaligus mengurangi resiko terjadinya korsleting listrik. 

Selain itu, teknologi Push Wire ini juga membuat proses penyambungan kabel menjadi lebih mudah dan cepat. Sehingga, proses pemasangan instalasi listrik pun menjadi lebih cepat. Di luar negeri, Terminal block WAGO telah menjadi salah satu komponen listrik yang umum digunakan.

2. Tersedia Dalam Banyak Series

Kelebihan lainnya dari terminal block WAGO adalah terdapat pada beragamnya series yang tersedia. WAGO menyediakan banyak produk terminal block yang dapat disesuaikan dengan aplikasinya. Misalnya, series WAGO 222 seperti WAGO 222-412, WAGO 222-413 dan WAGO 222-415 umumnya digunakan aplikasi arus rendah seperti pemasangan bel pintu dan kabel telepon.

3. Dukungan WAGO Alu-Plus Contact Paste

Seperti yang diketahui bahwa konduktor (kawat) di dalam kabel yang paling sering dijumpai adalah konduktor berbahan tembaga dan alumunium. Umumnya, kabel yang disambungkan menggunakan terminal block disarankan memiliki bahan konduktor yang sama.

Namun dengan menggunakan WAGO Alu-Plus Contact Paste, maka anda dapat menyambungkan kedua jenis kabel dengan konduktor berbeda ini dengan aman (tentunya menggunakan terminal block WAGO). WAGO Alu-Plus Contact Paste ini sendiri adalah sedikit cairan pasta yang disemprotkan ke bagian terminal block WAGO sebelum kedua jenis kabel disambungkan.

4. Harga yang Cukup Terjangkau

Dengan jaminan keamanan dari korsleting, terminal block WAGO dapat dikatakan dibandrol dengan harga yang cukup bersahabat. Saat ini sendiri, terminal block WAGO sendiri telah menjadi salah satu komponen listrik yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. 

Anda dapat membeli produk terminal block dari WAGO ini di sejumlah distributor WAGO resmi dan juga marketplace belanja online ternama.

Tips Praktis Penggunaan Terminal Block WAGO

Untuk tips praktis penggunaan, sebenarnya tidak terlalu banyak hal yang dapat kami bagikan di sini. Kami hanya menyarankan agar anda menggunakan series terminal block WAGO sesuai dengan aplikasinya. Pengguna terminal block WAGO yang sesuai fungsinya akan membuat instalasi listrik yang diaplikasikan menjadi lebih aman.

Untuk lebih jelasnya, anda dapat memperhatikan tabel series terminal WAGO di bawah ini beserta juga jenis pengaplikasianya.

Sumber gambar: WAGO

Itulah sedikit ulasan dari kami mengenai WAGO terminal block dan tips praktis penggunaannya. Semoga ulasan yang kami rangkum ini bermanfaat. Jangan lupa untuk mengikuti blog kami agar anda tidak ketinggalan ulasan informatif lainnya seputar aplikasi instalasi listrik lainnya. Terima kasih telah membaca.

Baca Juga: Memahami Apa Itu Kabel & Konektor Tahan Air IP67 dan IP68

Super

Recent Posts

WAGO Rail-Mount Terminal Blocks – Keunggulan & Aplikasinya

WAGO rail-mount terminal blocks adalah salah satu solusi pengelolaan kelistrikan kabinet kontrol (control cabinet) yang digunakan di banyak gedung modern…

18 seconds ago